Senin, 27 Maret, 2023
Tech News, Magazine & Review WordPress Theme 2017
  • HOME
  • PROFIL
    • VISI DAN MISI
    • DATA PEGAWAI 2019
  • INFORMASI
    • Perjanjian Kinerja
    • Indikator Kinerja Utama
    • PERDA
      • PERDA 7 Tahun 2017
      • PERDA 8 Tahun 2016
      • PERDA 9 Tahun 2009
      • PERDA 10 Tahun 2009
    • REKAP
      • Rekap Aset Gedung dan Bangunan Dishub
      • Rekap Aset Peralatan dan Mesin Dishub
      • Rekap Petugas Parkir dan Titik Lokasi Parkir
    • RENCANA
      • Rencana Aksi 2017
      • Rencana Aksi 2018
      • RU Pengadaan Barang dan Jasa Dishub 2018
    • INVENTARISASI
      • Inventarisasi Rambu Lalu Lintas Kota Cirebon
      • Inventarisasi Traffic Light
      • Inventarisasi Warning Light
    • DIP Dishub Kota Cirebon
    • Domisili Dishub Kota Cirebon
    • Jumlah Halte Kota Cirebon
    • Kendaraaan Wajib Uji 2019
    • LAKIP Dishub Kota Cirebon
    • Lampu PJU 2016
    • Renstra Dishub 2017-2018 Gabungan
    • Trayek dan Jumlah Angkutan Kota
  • TRANSPORTASI
    • JALAN SATU ARAH
    • TRAYEK ANGKUTAN KOTA
  • DOKUMENTASI
  • BERITA
  • DISHUB APP
    • ATCS
    • SIGFLLAJ
    • SMARTPJU 1
    • SMARTPJU 2
No Result
View All Result
  • HOME
  • PROFIL
    • VISI DAN MISI
    • DATA PEGAWAI 2019
  • INFORMASI
    • Perjanjian Kinerja
    • Indikator Kinerja Utama
    • PERDA
      • PERDA 7 Tahun 2017
      • PERDA 8 Tahun 2016
      • PERDA 9 Tahun 2009
      • PERDA 10 Tahun 2009
    • REKAP
      • Rekap Aset Gedung dan Bangunan Dishub
      • Rekap Aset Peralatan dan Mesin Dishub
      • Rekap Petugas Parkir dan Titik Lokasi Parkir
    • RENCANA
      • Rencana Aksi 2017
      • Rencana Aksi 2018
      • RU Pengadaan Barang dan Jasa Dishub 2018
    • INVENTARISASI
      • Inventarisasi Rambu Lalu Lintas Kota Cirebon
      • Inventarisasi Traffic Light
      • Inventarisasi Warning Light
    • DIP Dishub Kota Cirebon
    • Domisili Dishub Kota Cirebon
    • Jumlah Halte Kota Cirebon
    • Kendaraaan Wajib Uji 2019
    • LAKIP Dishub Kota Cirebon
    • Lampu PJU 2016
    • Renstra Dishub 2017-2018 Gabungan
    • Trayek dan Jumlah Angkutan Kota
  • TRANSPORTASI
    • JALAN SATU ARAH
    • TRAYEK ANGKUTAN KOTA
  • DOKUMENTASI
  • BERITA
  • DISHUB APP
    • ATCS
    • SIGFLLAJ
    • SMARTPJU 1
    • SMARTPJU 2
No Result
View All Result
Dinas Perhubungan Kota Cirebon
No Result
View All Result
Home Berita

Organda Tegaskan BRT Tak akan Ganggu Angkot

by master
22 Desember 2018
Share on FacebookShare on Twitter

CIREBON-Rencana Pemerintah Kota Cirebon dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) mengoperasikan Bus Rapid Transit (BRT) disambut baik banyak pihak. Keberadaan transportasil masal ini, diharapkan jadi solusi. Di tengah terus menurunnya rasio penggunaan angkutan umum oleh masyarakat.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota/Kabupaten Cirebon Karsono mengatakan, BRT merupakan solusi tranportasi masal, dan diharapkan terintegrasi dengan angkutan lain sebagai feeder (pengumpan). Dengan konsep ini, tidak akan terjadi tumpang tindih. Apalagi sampai berkonflik. “Kami akan coba usulkan beberapa opsi. Tapi sebelum itu, mari kita samakan persepsi dulu. Transportasi masal itu, seperti apa sih,” ujar Karsono, Jumat (21/12).

Lama berkecimpung di bisnis transportasi, Karsono mengaku, angkutan eksisting khususnya angkot belum dapat melayani masyarakat dengan maksimal. Terutama dalam menyajikan angkutan yang efisien, lagi nyaman.

Nah kehaditan BRT yang diharapkan dapat memberikan kenyamanan itu. Tapi dengan catatan, agar tidak mematikan moda transportasi yang sudah ada. Organda sudah ada beberapa gambaran. Apas aja opsi-opsi yang akan ditawarkan. Tetapi ini masih akan dibahas dengan pengusaha angkutan, juga para sopir. “Kita coba cari win-win solution-nya itu bagaimana,” terangnya.

Salah satu konsep yang ditawarkan adalah BRT dikelola oleh badan usaha milik daerah (BUMD) yang dibentuk pemda. Sehingga mempunyai badan hukum yang jelas. Kepemilikannya bukan saja dari dinas, tapi juga dari pengusaha angkutan dan para sopir.

Jadi pengusaha angkutan yang sekarang ini kepayahan terkait minimnya pendapatan, dapat ikut serta sebagai investor. Angkutannya dijual hasilnya dikoletifkan dan dimasukkan sebagai investasi di BUMD.

Yang kedua, pihaknya akan meningkatkan kapasitas dari para sopir angkot tersebut. Dia akan meminta walikota untuk membantu membiayai peningkatan SIM para sopir dari A ke B1 umum, guna mengakomodir sopir angkot menjadi sopir BRT. Diusulkan pula sopir BRT nantinya menggunakan sistem penggajian, bukan setoran. Sehingga tidak ada lagi sopir ugal-ugalan yang beralasan mengejar setoran.

Ketiga, mengenai trayek, Karsono mengusulkan BRT tidak akan memakan trayek angkot yang sudah ada. Bahkan angkot akan dijadikan angkutan feeder. Jadi masyarakat yang berada di perumahan akan naik angkot dulu menuju halte khusus BRT atau setelah naik BRT kemudian naik angkot feeder ke perumahannya. “BRT ini tidak akan menjadi saingan, tapi penunjang angkutan umum lainnya,” ungkapnya.

Terakhir, dia mengusulkan juga kepada pemda untuk menghadirkan 100 unit angkot yang ber-AC. Angkot baru ini untuk feeder dan pengganti angkot reguler yang kondisinya sekarang sebagian besar sudah tidak bagus dan nyaman bagi masyarakat.

Tujuannya, ketika masyarakat nyaman dan mencintai angkutan umum, mereka akan meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah. Sehingga masalah kemacetan, kesemrawutan dan polusi bisa dikurangi secara signifikan. “Kami minta dukungan semua pihak dengan rencana baik ini, Kota Cirebon sudah menjadi kota besar, dibutuhkan transportasi masal yang aman nyaman, murah dan menjangkau semua wilayah,” tandasnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Atang Hasan Dahlan juga menekankan agar saat BRT beroperasi tidak bersinggungan dengan angkutan umum lainnya. Seperti angkot dan elf, baik di kota ataupun kabupaten sekitar Cirebon. “Mau tidak mau, kita memang harus melangkah ke era transportasi masal. Tapi bagaimana supaya kita juga menghindari resistensi,” tuturnya.

Dia berharap, BRT ini dapat diterima. Pembahasannya juga lancar. Sehingga lima unit yang diterima ini bisa segera dioperasikan.

Dari informasi yang dihimpun Radar Cirebon, untuk busnya sendiri rencananya menggunakan jenis tiga perempat. Kapasitasnya sekitar 30 penumpang duduk dan berdiri. Rute yang akan dilalui BRT selain dalam kota, juga pinggiran kota, melalui tempat strategis sekolah, terminal, stasiun, kantor, mall dan lainnya.

Nantinya, angkutan kota (angkot) tetap beroperasi. Tapi berubah perannya menjadi angkutan feeder atau pengumpan. Antara BRT dan angkot akan terintegrasi. Sedangkan pengelolaannya bisa dilakukan dishub atau membentuk BUMD. Sementara itu, Wali Kota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH menyambut baik hibah BRT. Menurut dia, kehadiran transportasi masal merupakan suatu langkah maju bagi Kota Cirebon.

Azis sangat berharap, keberadaan BRT tersebut bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kota Cirebon. Khususnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan transportasi dengan biaya yang terjangkau, cepat, nyaman, dan aman. Juga mengurangi kemacetan serta polusi.

Tidak hanya itu, keberadaan BRT tersebut juga diharapkan bisa membuat tingkat kunjungan wisatawan di Kota Cirebon lebih meningkat lagi. Ini pun sesuai dengan keinginan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, agar Jawa Barat menjadi provinsi pariwisata sehingga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Angkutan dan Multi Moda Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Dikri Hopiana menyebutkan, semula BRT untuk Kota Cirebon ini berjumlah 10 unit. Entah mengapa berkurang menjadi lima.

Ia tak mempersoalkan pengurangan jumlah tersebut. Sebab, hal itu merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Yang tidak kalah penting ialah bagaimana Kota Cirebon mempersiapkan kehadiran angkutan masal. Baik rute, tarif, juga bagaimana tidak bersinggungan dengan angkutan lain.

Dishub juga merencanakan renovasi halte yang akan disinggahi BRT. Tidak menutup kemungkinan akan dipasang tangga untuk memudahkan penumpang naik ke bus jenis tiga perempat tersebut. Mengingat BRT ini menggunakan sasis high deck yang ketinggiannya memang dikhususnya untuk diakses dari halte sejenis Trans Jakarta. (gus)

master

master

Next Post
Kendaraan mengular di Jl Swadaya menuju simpang tiga Jl Perjuangan. Kemacetan semacam ini lumrah terjadi di jam pulang kerja. FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

Pertumbuhan Jumlah Kendaraan dan Prediksi Jumlah Kendaraan Bermotor di Kota Cirebon

Peta Geografis 4000 Titik Koordinat Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cirebon

  • Dishub Luncurkan Smart Card Uji Kir, Inovasi Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

    168 shares
    Share 67 Tweet 42
  • Dishub Kota Cirebon Prioritaskan Penertiban Parkir Liar pada tahun 2021

    77 shares
    Share 31 Tweet 19
  • 2021 Bayar Tunai Beralih ke Parkir Elektronik

    50 shares
    Share 20 Tweet 13
  • Peta Geografis 4000 Titik Koordinat Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cirebon

    112 shares
    Share 45 Tweet 28
  • Pertigaan UNTAG Bisa Dipasang Traffic Light

    65 shares
    Share 26 Tweet 16
© 2018 DISHUB Kota Cirebon
No Result
View All Result
  • HOME
  • PROFIL
    • VISI DAN MISI
    • DATA PEGAWAI 2019
  • INFORMASI
    • Perjanjian Kinerja
    • Indikator Kinerja Utama
    • PERDA
      • PERDA 7 Tahun 2017
      • PERDA 8 Tahun 2016
      • PERDA 9 Tahun 2009
      • PERDA 10 Tahun 2009
    • REKAP
      • Rekap Aset Gedung dan Bangunan Dishub
      • Rekap Aset Peralatan dan Mesin Dishub
      • Rekap Petugas Parkir dan Titik Lokasi Parkir
    • RENCANA
      • Rencana Aksi 2017
      • Rencana Aksi 2018
      • RU Pengadaan Barang dan Jasa Dishub 2018
    • INVENTARISASI
      • Inventarisasi Rambu Lalu Lintas Kota Cirebon
      • Inventarisasi Traffic Light
      • Inventarisasi Warning Light
    • DIP Dishub Kota Cirebon
    • Domisili Dishub Kota Cirebon
    • Jumlah Halte Kota Cirebon
    • Kendaraaan Wajib Uji 2019
    • LAKIP Dishub Kota Cirebon
    • Lampu PJU 2016
    • Renstra Dishub 2017-2018 Gabungan
    • Trayek dan Jumlah Angkutan Kota
  • TRANSPORTASI
    • JALAN SATU ARAH
    • TRAYEK ANGKUTAN KOTA
  • DOKUMENTASI
  • BERITA
  • DISHUB APP
    • ATCS
    • SIGFLLAJ
    • SMARTPJU 1
    • SMARTPJU 2

© 2023 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.